Memahami Betapa Pentingnya Networking Bagi Startup

Memahami Betapa Pentingnya Networking Bagi Startup

Para pelaku startup pasti menginginkan usaha miliki mereka untuk sukses dan bertahan selama mungkin, untuk dapat mencapai tujuan jangka panjang seperti itu Anda sebagai pelaku startup harus menggunakan berbagai macam teknik yang memungkinkan untuk membuat startup sukses.

Salah satu diantara teknik tersebut adalah networking, yang mana merupakan salah satu teknik utama yang dapat membantu proses perkembangan dari banyak startup lainya. Relasi dan juga jaringan bisnis dapat membantu startup anda dengan berbagai carai seperti mendapatkan mentorship dari sesame pelaku startup, pengalaman dari sesame founder startup, menemukan anggota tim, exposure terhadap startup Anda, dan juga kesempatan untuk menemukan funding.

Memang sejatinya networking tidak semudah membalikan telapak tangan, entah karena kecemasan dalam bersosialisasi, tidak tahu bagaimana cara memulai pembicaraan, atau mungkin belum mengerti caranya membangun network yang baik, untungnya di masa sekarang ini banyak berbagai forum dan juga berbagai materi mengenai startup tersedia di internet yang dapat membantu Anda membangun networking yang kuat, berikut ini adalah beberapa cara untuk membangunya.

1. Kunjungi Event dan Seminar Startup

Mengunjungi berbagai event dan juga seminar yang membahas apapun mengenai startup dapat sangat membantu dalam proses networking karena teknik ini sangatlah simpel dan mudah untuk dilakukan, hanya dengan menghadiri acara seperti itu saja Anda sudah bisa mendapatkan pengalaman dan juga wawasan baru dari pengisi materi. Siapa yang tahu setelah seminar dan acaranya selesai Anda dapat bercengkrama dan juga membahas satu dua hal dengan sesame peserta atau dengan pengisi materinya yang mana itu juga merupakan salah satu bentuk networking karena Anda mendapatkan jaringan baru. Terkadang beberapa seminar dan event startup juga tidak membutuhkan biaya sama sekali, salah satu contohnya adalah Startup Talk dari ABP Incubator.

2. Carilah Mentor

Mencari mentor merupakan teknik lainya yang dapat membantu perkembangan dalam proses startup, Anda dapat menemukan mentor didalam berbagai program startup yang ada di Indoneis dan terkadang Anda juga dapaat menemukan mentor ketika menghadiri event dan seminar startup. Mentor dapat memberikan pengarahan untuk membantu Anda menangani berbagai macam kesulitan ketika berusaha membangun startup, tak terbatas oleh itu saja pengalaman dan perspektif yang mentor miliki berkat wawasanya yang sudah menggeluti bidang startup dalam waktu yang lama dapat membatnu Anda untuk menemukan kekurangan yang mungkin Anda sendiri tak dapat lihat terhadap startup anda karena perbedaan dari Pengalaman. Dan siapa yang tahu mungkin Anda akan dikenalkan kepada jaringan pribadi mentor anda yang mana dapat menambah exposure startup Anda.

Baca selengkapnya.

Recomended Article

Article Designer Culture To Build Product That People Love

Dampak Positif Budaya Organisasi Dalam Perkembangan Startup

Budaya organisasi sendiri dapat diartikan sebagai sebuah kesatuan dari berbagai norma, nilai dan perilaku yang telah dibangun serta dipertahankan oleh suatu perusahaan. Membangun budaya organisasi dapat memiliki dampak positif yang besar dan juga signigikan terhadap perkembangan suatu startup dalam berbagai faktor yang dapat membantu perkembangan sebuah startup.Pada saat membangun sebuah startup, sangat penting untuk memperhatikan budaya organisasi seperti apa yang akan dibangun dalam sebuah startup. Budaya organisasi yang kuat dan positif dapat membantu dalam mengakselerasi pertumbuhan serta perkembangan sebuah startup hal ini dikarenakan dengan adanya budaya organisasi startup mendapat semacam “pedoman” untuk melangkah kedepanya. Budaya organisasi dapat mencakup berbagai hal seperti sikap, nilai, dan perilaku yang ada di startup dan telah disetujui oleh setiap anggota startup tersebut, budaya organisasi dapat memberikan arahan dalam setiap tindakan yang belum dan akan diambil.Artikel ini akan menjelaskan beberapa dampak positif yang dapat sebuah budaya organisasi berikan terhadap perkembangan dan pertumbuhan startup yang menerapkanya:1. Meningkatkan Kualitas TimTim yang memiliki budaya organisasi yang sama disebuah startup dapat dengan mudah memahami nilai-nilai perusahaan sehingga membuat mereka dapat bekerja lebih efektif dan efisien karena memiliki fokus yang sama terhadap tujuan yang ingin dicapai. Dengan adanya budaya organisasi tim juga akan cenderung lebih percaya diri dalam mengambil tindakan dan resiko yang dibutuhkan untuk memajukan startup tersebut. Baca selengkapnya

Article Designer Culture To Build Product That People Love

Memahami Betapa Pentingnya Networking Bagi Startup

Para pelaku startup pasti menginginkan usaha miliki mereka untuk sukses dan bertahan selama mungkin, untuk dapat mencapai tujuan jangka panjang seperti itu Anda sebagai pelaku startup harus menggunakan berbagai macam teknik yang memungkinkan untuk membuat startup sukses.Salah satu diantara teknik tersebut adalah networking, yang mana merupakan salah satu teknik utama yang dapat membantu proses perkembangan dari banyak startup lainya. Relasi dan juga jaringan bisnis dapat membantu startup anda dengan berbagai carai seperti mendapatkan mentorship dari sesame pelaku startup, pengalaman dari sesame founder startup, menemukan anggota tim, exposure terhadap startup Anda, dan juga kesempatan untuk menemukan funding.Memang sejatinya networking tidak semudah membalikan telapak tangan, entah karena kecemasan dalam bersosialisasi, tidak tahu bagaimana cara memulai pembicaraan, atau mungkin belum mengerti caranya membangun network yang baik, untungnya di masa sekarang ini banyak berbagai forum dan juga berbagai materi mengenai startup tersedia di internet yang dapat membantu Anda membangun networking yang kuat, berikut ini adalah beberapa cara untuk membangunya.1. Kunjungi Event dan Seminar StartupMengunjungi berbagai event dan juga seminar yang membahas apapun mengenai startup dapat sangat membantu dalam proses networking karena teknik ini sangatlah simpel dan mudah untuk dilakukan, hanya dengan menghadiri acara seperti itu saja Anda sudah bisa mendapatkan pengalaman dan juga wawasan baru dari pengisi materi. Siapa yang tahu setelah seminar dan acaranya selesai Anda dapat bercengkrama dan juga membahas satu dua hal dengan sesame peserta atau dengan pengisi materinya yang mana itu juga merupakan salah satu bentuk networking karena Anda mendapatkan jaringan baru. Terkadang beberapa seminar dan event startup juga tidak membutuhkan biaya sama sekali, salah satu contohnya adalah Startup Talk dari ABP Incubator.2. Carilah MentorMencari mentor merupakan teknik lainya yang dapat membantu perkembangan dalam proses startup, Anda dapat menemukan mentor didalam berbagai program startup yang ada di Indoneis dan terkadang Anda juga dapaat menemukan mentor ketika menghadiri event dan seminar startup. Mentor dapat memberikan pengarahan untuk membantu Anda menangani berbagai macam kesulitan ketika berusaha membangun startup, tak terbatas oleh itu saja pengalaman dan perspektif yang mentor miliki berkat wawasanya yang sudah menggeluti bidang startup dalam waktu yang lama dapat membatnu Anda untuk menemukan kekurangan yang mungkin Anda sendiri tak dapat lihat terhadap startup anda karena perbedaan dari Pengalaman. Dan siapa yang tahu mungkin Anda akan dikenalkan kepada jaringan pribadi mentor anda yang mana dapat menambah exposure startup Anda. Baca selengkapnya.

Article Designer Culture To Build Product That People Love

Mengenal Customer Journey Mapping dan Dampak Positifnya bagi Startup

Apakah bisnis atau startup Anda pernah ditinggalkan oleh konsumen karena kompetitor lebih unggul ? Jika begitu, Anda perlu mengkaji ulang tentang bagaimana konsumen melakukan perjalanan dengan produk Anda. Untuk mengatasi masalah tersebut, custumer journey hadir sebagai solusi yang bisa Anda terapkan ke bisnis Anda.Costumer Journey adalah sebuah cara untuk mengetahui tahapan-tahapan yang dialami oleh konsumen dalam berinteraksi dengan produk startup anda. Dalam proses customer journey, terdapat tahapan panjang yang dilalui oleh konsumen hingga mencapai tujuan akhirnya, yaitu membeli produk Anda atau menggunakan jasa Anda.Tahapan panjang ini meliputi awal perjumpaan pertama konsumen dengan produk Anda. Lalu disusul dengan melihat-lihat, menemukan produk yang dicari, hingga memutuskan untuk membeli produk Anda.Customer journey sangatlah penting untuk diaplikasikan ke dalam startup, cara ini berfungsi untuk mengetahui perilaku atau pola pikir konsumen yang menjadi target Anda. Sehingga startup Anda bisa menyediakan produk yang mampu menjawab kebutuhan mereka.Tidak hanya membahas soal perilaku, costumer journey juga bisa membentuk kesetiaan konsumen terhadap produk Anda. Hal ini berpotensi membuat konsumen melakukan pembelian atau penggunaan ulang terhadap produk Anda di suatu waktu nanti.Selain itu, customer journey dapat menemukan celah kekurangan dalam startup Anda. Sehingga solusi atas permasalahan tersebut dapat diatas. Contohnya, bila produk Anda sepi pembeli, bisa jadi konsumen merasa tidak puas dengan pengalamannya saat berselancar di website atau aplikasi Anda.Dengan begitu, data yang telah dikumpulkan dari customer journey kemudian dapat dianalisis oleh seluruh tim dalam startup. Sebagai contoh, seorang UX designer bisa mengoptimalkan kembali website atau aplikasi.Seorang customer service dapat meninjau kembali apakah pelayanannya sudah baik atau belum. Hingga seorang CEO bisa membuat strategi yang lebih matang berdasarkan customer journey yang telah dibuat.Costumer journey dirancang menggunakan tabel yang isinya terdapat perilaku konsumen. Namun sebelumnya, Anda harus mengidentifikasi 4 hal di bawah ini terlebih dahulu. Baca selengkapnya.

Article Designer Culture To Build Product That People Love

#Founder Series : Niche, a Small Step to Size The Market

Ketika membangun startup, kita akan selalu diberikan pilihan untuk memilih pasar yang sudah umum maupun pasar yang benar-benar baru, entah salah satu atau keduanya, punya resiko masing-masing, yaitu kalah saing dengan startup kompetitor dan tidak memiliki customer yang benar -benar tetap, karena kemungkinan besar audiensnya pun sendiri kurang familiar dengan konsep perusahaan anda.Untuk menghindari ini, perusahaan startup disarankan untuk menemukan niche yang spesifik, dengan adanya niche maka pelaku startup dapat dengan lebih mudah dan spesifik untuk dapat menentukan target pasar dan juga strategi yang paling efektif penggunaannya untuk bisa menarik minat para konsumen ke dalam niche tersebut, sebagai berikut adalah manfaat niche untuk startup anda.Apa itu Niche ?Sebenarnya apa itu niche ? Niche adalah sebuah bagian kecil dari keseluruhan pasar yang di mana cakupannya lebih kecil dan targetnya pasarnya lebih spesifik lagi, dengan niche pelaku startup dapat menentukan strategi terbaik yang paling efektif untuk memikat minat pelanggan.Niche bisa diterapkan di hampir semua bidang usaha karena niche juga merupakan salah satu strategi marketing untuk dapat memaksimalkan pendapatan dan mengurangi pengeluaran, alasan niche dapat melakukan ini adalah karena startup yang sudah memiliki niche sendiri akan menyesuaikan target pasar mereka sendiri ketimbang keseluruhan pasar yang ada.Selain itu, jika dibandingkan dengan pelaku startup lain yang terjun langsung ke pasar secara umum yang luas, maka ada kemungkinan di mana bisa saja produk startup tersebut belum dibutuhkan oleh khalayak umum karena ketatnya persaingan. Baca selengkapnya.


Recomended Event

Event Talk: IoT in Agriculture and Aquaculture Image

24

Jun 2020

Talk: IoT in Agriculture and Aquaculture

Event Time Icon Time : 09.30 - Selesai WIB
Event Location Icon Location : ABP Office [ Get Direction ]
Event Talk: Developing Skill As iOS Dev In News Department

30

Jun 2020

Talk: Developing Skill As iOS Dev In News Department

Event Time Icon Time : 09.30 - Selesai WIB
Event Location Icon Location : ABP Office [ Get Direction ]
Event Talk: Developing Skill As iOS Dev In News Department

15

Jul 2020

Talk: Membuat Startup Yang Berkelanjutan Meski Pandemi Covid-19 Sekalipun

Event Time Icon Time : 09.30 - Selesai WIB
Event Location Icon Location : ABP Office [ Get Direction ]
Event Talk: Sayur Buah Begairah

30

Jul 2020

Talk: Sayur Buah Begairah

Event Time Icon Time : 09.30 - Selesai WIB
Event Location Icon Location : ABP Office [ Get Direction ]