Startup Talk #71:“Siap Berkarir di Dunia Digital Melalui Pelatihan Berbasis Magang Online”

Startup Talk #71:“Siap Berkarir di Dunia Digital Melalui Pelatihan Berbasis Magang Online” Halo Sobat ABP! Masa pandemi menuntut kita untuk selalu kreatif dan menjadi manusia yang solutif. Tentunya ini bukan menjadi penghalang kita untuk tetap produktif dan mencari pengalaman. Terlebih bagi seorang job seeker harus tetap optimis dan semangat dalam mencari pekerjaan. (Sabtu,13/02/2021) Startup Talk #71 melakukan sharing session dengan tema “Siap Berkarir di Dunia Digital, Melalui Pelatihan Berbasis Magang Online” diisi oleh pembicara hebat Kak Tuhfatussalisah yang merupakan Lead Social Media Engagement Amikom Center. Acara yang diadakan secara virtual ini berlangsug selama satu jam dengan sangat informatif. Pada kesempatan ini Kak Tuhfatusasalisah memaparkan beberap hal yang harus disiapkan sebagai seorang pencari kerja yaitu : 1. Harus memiliki pengalaman dan menyiapkan prototype 2. Harus bisa bekerja pintar 3. Upgrade skill, baik itu hard skill ataupun soft skill 4. Kita harus mencari tahu apa yang dibutuhkan oleh perusahaan yang kita tuju dan harus tahu kredibilitas perusahaannya Dari poin-poin diatas tentunya hal-hal itu juga bisa dipenuhi sebelum kita bekerja dengan mengikuti terlebih dahulu program magang, melalui magang kita akan bisa belajar dan mendapatkan pengalaman-pengalaman. Sehingga perusahaanpun akan mudah untuk melirik kita. Pada kesempatan ini dalam pemaparanya Kak Tuhfatussalisah juga memberikan informasi bahwasanya saat ini magang online bisa menjadi solusi ditengah kondisi pandemi seperti sekarang, beliau pun menyarakan untuk mengikuti instagram @amikomcenter “Untuk mencari pengalaman Magang online bisa di cek di @amikomcenter program-program yang disediakan disini sudah relatable dengan pekerjaan-pekerjaan yang sedang banyak dicari di 2020–2021.program ini berada di bawah lingkungan akademisi.” Pungkas Kak Tuhfatusasalisah pada sesi akhir pemaparan materi. Pada sesi akhir pula ditutup oleh pernyataan dari Kak Rofiatul Azizah sebagi moderator dalam Startup Talk #71 kali ini. “Magang itu penting banget, karena perusahaan itu butuh karyawan yang sudah punya pengalaman kerja.” (Redaksi: Devi Anggraeni, Editor: Rofiatul Azizah). ABP Incubator 2021, [...], Artikel ini di ambil dari feed medium, untuk pengalaman baca yang lebih baik, silahkan kunjungi situ aslinya. IndonesiaIT - Software Developer Terbaik. Baca Selengkapnya.

Recomended Article

Article Designer Culture To Build Product That People Love

Bagaimana AMIKOM bisa mengubah hidup saya

Bersyukur. Satu kata yang bisa saya ungkapkan saat ini untuk mewakili perasaan saya dapat berkesempatan menjadi keluarga besar Alumni AMIKOM. Sekitar 14 tahun lalu, saat lulus SMA sama sekali tak terbayang bakal kuliah di Universitas AMIKOM. AMIKOM tidak tersebut di doa-doa saya, namun tampaknya Tuhan menjawab doa saya dengan cara lain, Tuhan memberikan apa yang saya butuhkan, bukan apa yang saya inginkan. Dan akhirnya saya ditakdirkan masuk AMIKOM pada tahun 2008. Saya bukanlah anak yang terlahir jenius yang memiliki banyak prestasi ketika sekolah, bahkan bisa dibilang cenderung “bodoh” di masa-masa SMP dan SMA. Seinget saya, saya pernah mendapatkan ranking 36 dari total 40 siswa ketika saya SMP. Saya pernah merasakan dicap sebagai siswa “bodoh” oleh teman-teman kelas, guru dan mungkin juga oleh orang tua sendiri. Bahkan saat itu saya sendiri nyaris pasrah mengakui dan menerima bahwa saya bukanlah orang yang pintar dan berbakat. Tahun 2008 adalah titik balik hidup saya, 180 derajat. AMIKOM berhasil melahirkan saya kembali dengan wujud yang berbeda, dengan tingkat kepercayaan diri yang jauh berbeda. Saat itu setiap mahasiswa baru AMIKOM wajib mengikuti program Pelatihan Super Unggul (PSU), termasuk saya. PSU merupakan program Karakter Building dengan metode NLP untuk membangun karakter mahasiswa baru. Jujur saja saat itu saya juga belum mengerti apa manfaatnya, tetapi perlahan tanpa disadari tingkat kepercayaan diri saya menjadi naik. Bapak Winih Wicaksono, Dosen yang paling berjasa dalam hidup saya. Beliau adalah dosen mata kuliah Algoritma dan Struktur Data pada semester 1. Karena beliaulah saya bisa berubah menjadi pribadi yang lebih percaya diri, beliaulah orang pertama yang saya rasakan memberikan kepercayaan diri bahwa saya mampu dibidang informatika. Saya yang dulunya sering kali dianggap siswa yang “bodoh” ketika sekolah, dalam kelas Algoritma dan Struktur Data saya seolah-olah menjadi siswa yang paling pintar. Sejak saat itu motivasi saya menjadi sangat tinggi. Bersyukur AMIKOM menyediakan ruang yang sangat luas untuk pengembangan diri. AMIKOM memiliki banyak unit bisnis yang memungkinkan mahasiswa untuk kuliah sambil bekerja dibidang yang ditekuni. Saat itu saya semester 3, dan dengan kepercayaan diri yang sudah semakin meningkat saya beranikan diri untuk mendaftar bekerja disalah satu unit usaha AMIKOM yang menangani soal pengembangan inovasi. Alhamdulillah saya di terima. Ini adalah titik balik kedua saya yang membuat hingga saat ini saya tertarik dengan pengembangan inovasi teknologi. Saya ingat betul project pertama di unit bisnis tersebut adalah membuat smart document management yang terintegrasi dengan printer dan scaner. Pimpinan saya saat itu Bapak Arief Setyanto memberikan saya tantangan…. ABP Incubator 2021, [...], Artikel ini di ambil dari feed medium, untuk pengalaman baca yang lebih baik, silahkan kunjungi situ aslinya. IndonesiaIT - Software Developer Terbaik. Baca Selengkapnya.

Article Designer Culture To Build Product That People Love

Merasa idemu bagus, lalu mau bikin startup. Yakin?

Beberapa tahun terakhir ini, di Indonesia baru booming tentang startup digital. Melihat keberhasilan Gojek, Tokopedia, Traveloka, Bukalapak yang menjadi deretan startup dengan valuasi lebih dari 13 Triliun Rupiah mungkin membuat banyak orang mulai ingin menjadi the next Nadiem Makarim, the next William Tanuwijaya, atau mungkin ingin menjadi the next Achmad Zaky. Tak terkecuali deretan mahasiswa jurusan informatika. Beriringan dengan semakin banyaknya program yang mendorong pertumbuhan startup digital, semakin banyak pula mahasiswa yang merasa bahwa idenya akan menjadi the next Gojek dimasa yang akan datang. Yah, meskipun ditahun 2018 ini tampaknya sudah mulai berkurang, mungkin karena sudah banyak yang berfikir realistis bahwa mendirikan startup itu bukanlah suatu hal yang mudah, lagi pula sudah mulai terbukti banyak yang tumbang juga. Lalu, Bermimpi besar untuk menjadi the next Nadiem Makarim apakah salah? Tentu saja tidak. Hanya saja kita sering kali hanya melihat kesuksesannya saja, tidak banyak yang melihat perjuangan dan kerja keras dibalik itu semua. Apakah kamu yakin mau berjuang dan bekerja keras jika kamu tetap memilih untuk membuat startup? Coba tanyakan lagi pada dirimu sendiri, apa sih alasan kamu sampai akhirnya kamu memutuskan ingin membangun startup? Jika alasannya karena kamu ingin menjadi kaya, sebaiknya pikirkan kembali deh keputusanmu untuk membangun startup. Karena kalau tujuannya untuk sekedar menjadi kaya, banyak cara yang bisa ditempuh lho tanpa harus membuat startup. Membuka usaha dibidang non teknologi juga bisa membuat kaya lho, buktinya hingga tahun 2018, belum ada tuh founder startup asal indonesia yang tercatat sebagai 10 besar orang terkaya di Indonesia. Jika alasannya karena kamu gak ingin kerja sama orang atau mungkin bingung mau ngapain karena sulit mencari kerja, sebaiknya coba pikirkan kembali. Dah yakin mau bikin startup? Seperti yang kita tahu Nadiem Makarim mendirikan gojek bukan karena dia sulit mencari kerja, dia lulusan MBA Harvard Business School lho, dan dia juga pernah bekerja beberapa tahun di perusahaan dengan jabatan yang tinggi. Jadi jika kamu merasa skillmu masih biasa-biasa saja, sebaiknya mulailah dengan mencari pengalaman bekerja di startup yang sedang berkembang untuk mencari ilmu sebanyak-banyaknya sebelum pada akhirnya kamu membangun startupmu sendiri. Namun jika alasanmu ingin membangun startup karena kamu melihat suatu masalah yang besar, yang menurut kamu harus segera diselesaikan. Dan kamu juga merasa bahwa kamu mampu berkontribusi untuk memecahkan masalah tersebut serta mau mencurahkan seluruh waktu, energi, pikiran, dan seluruh sumber dayamu untuk menyelesaikan masalah itu. Maka mulailah berikhtiar. Apakah ada jaminan berhasil? Belum tentu. Maka cobalah mulai dengan mencari jawaban dari…. ABP Incubator 2021, [...], Artikel ini di ambil dari feed medium, untuk pengalaman baca yang lebih baik, silahkan kunjungi situ aslinya. IndonesiaIT - Software Developer Terbaik. Baca Selengkapnya.

Article Designer Culture To Build Product That People Love

Memulai dari Melihat Tujuan Akhir

Saya yakin setiap orang pasti menginginkan masa depan yang cerah, berkecukupan, punya banyak waktu untuk keluarga, punya cukup uang dan bahagia dunia akhirat. Tapi ternyata tidak setiap orang bisa beruntung mencapai titik itu, kadang keinginan tidak sesuai dengan realita. Pada tulisan ini saya ingin mengajak kita berfikir sejenak, mengapa banyak orang tidak bisa mencapai masa depan yang cerah dan berkecukupan. Tahukah kamu bahwa setengah kekayaan di dunia ini ternyata hanya dikuasai oleh 1% orang (orang orang yang sangat kaya). Coba pikir mengapa bisa seperti itu? Dan seandainya semua total uang di dunia ini dibagi rata keseluruh populasi yang ada di dunia, maka 5 tahun setelah itu komposisinya kan kembali lagi >50% kekayaan dunia hanya akan dikuasai oleh segelintir orang saja. Mengapa bisa seperti itu? Coba pikirkan! Ya mungkin ini Hukum Alam untuk mencapai keseimbangan. Saya sendiri juga gak yakin apa alasannya selain karena Hukum Alam, karena setiap hal di dunia ini pastinya diciptakan untuk bisa saling melengkapi. Walaupun hal itu mungkin adalah hukum alam, tapi kita harus ikthiar dong. Seandainya didunia ini memang ditakdirkan ada sebagian orang menjadi miskin, sebagian menjadi cukup, dan sebagian menjadi kaya. Setidaknya kita harus bisa memastikan bahwa kita gak masuk dalam kategori miskin. Syukur-syukur kita bisa dikategori lebih dari cukup atau sangat berkecukupan. Lalu apa yang harus kita lakukan? Mungkin kita bisa memulai dengan lebih banyak melihat dan lebih banyak mendengar dengan pikiran terbuka. Melihat keatas dan melihat kebawah. Saya akan sharing satu hal dibenak saya yang menurut saya ini menjadi point terpenting agar kita bisa memiliki masa depan yang kita inginkan. Apakah itu? Jawabannya adalah, berani bermimpi besar dan berani menetapkan tujuan hidup sedini mungkin. selanjutnya adalah yakin bahwa kita bisa mencapai itu bagaimanapun caranya. Biasanya orang yang menjadi biasa aja, adalah orang-orang yang takut untuk mempunyai mimpi. Takut untuk menetapkan tujuan. Jadi ya hidupnya cuma lempeng-lempeng aja ngikutin arus. Orang-orang tipe ini adalah orang-orang yang biasanya takut kecewa jika harapannya tidak sesuai kenyataan. Jadi dari pada kecewa mereka memilih untuk tidak punya mimpi yang terlalu besar, tidak menetapkan tujuan yang besar. Sebagian orang digolongan ini, dia tidak mempunyai mimpi besar, namun dia sudah bisa mensyukuri dari apa yang dia dapat, dan itu cukup bagus. Tapi ada juga orang digolongan ini, sudah tidak memiliki goal yang spesifik tapi kerjaannya ngeluh terus dengan keadaan. Bahkan dilevel akut, mereka justru menebar virus iri, dengki, fitnah pada orang-orang disekitarnya yang tidak memiliki pola pikir yang sama dengan…. ABP Incubator 2021, [...], Artikel ini di ambil dari feed medium, untuk pengalaman baca yang lebih baik, silahkan kunjungi situ aslinya. IndonesiaIT - Software Developer Terbaik. Baca Selengkapnya.

Article Designer Culture To Build Product That People Love

Setiap hal yang besar selalu diawali dengan sebuah langkah kecil.

Di artikel sebelumnya, Masa depan suram, Salah siapa? sebenarnya saya ingin bercerita soal goal. Dimana untuk kita bisa mencapai suatu tujuan, hal yang wajib harus ada adalah tujuan itu sendiri. Jika kita tidak punya tujuan, kita pasti akan sulit menentukan arah. Di artikel sebelumnya saya ilustrasikan dengan sebuah puzzle, dimana 2 orang diminta untuk menyusun puzzle yang komplek. Orang yang pertama dikasih tau dulu hasil akhir puzzlenya akan membentuk gambar apa, dan satu orang lainnya tanpa dikasih tau terlebih dahulu. Umumnya, yang sudah bisa membayangkan dan tau hasil akhir puzzlenya seperti apa relatif lebih cepat menyelesaikan puzzle tersebut. Sama halnya kehidupan nyata, orang yang sudah bisa menentukan goal-nya relatif lebih cepat mencapai goal tersebut. Namun kadang masih banyak orang meskipun sudah tahu goalnya apa, mereka masih kesulitan mencapai goal tersebut. Banyak diantara mereka yang tidak tahu bagaimana cara mereka bisa mencapai goal tersebut dan harus mulai dari mana. Menurut saya itu normal, ketika kita sudah tahu tujuan kita mau kemana wajar saja kalau kadang kita bingung. Dan itu bagus, berarti kamu masih care terhadap goal itu. Mari kita analogikan menjadi sebuah perjalanan, anggap kamu tinggal di Jogja dan sudah menetapkan tujuan bahwa kamu ingin ke Singapore untuk liburan. Dengan sudah menetapkan tujuan artinya kamu sudah melewati fase pertama yaitu menetapkan goal. Fase kedua adalah bicara mengenai How to nya, bagaimana kita bisa mencapai goal itu. Untuk dapat pergi ke Singapore ada beberapa tahapan yang harus ditempuh. Bikin Paspor Beli Tiket Pesawat Jogja — Singapore PP Kelihatannya mudah, tapi kadang aktualnya tidak selalu semulus itu. Bagaimana kalau kita ternyata tidak punya uang untuk beli tiket atau sekedar biaya untuk bikin paspor aja gak punya. Jawaban saya adalah udah jalanin dulu aja dan mulai dari hal-hal yang paling sederhana yang bisa kamu lakuin. Hal-hal kecil apa sih contohnya? Kamu bisa mulai dengan berdoa dulu, plus minta doa orang tua bahwa kamu ingin mencapai goal itu. (ini adalah salah cara yang ampuh yang sudah sering saya praktekkan, Insyaallah Allah lain kali saya akan berbagi cerita soal hal ini) Kamu bisa mulai dengan menabung. Atau apapun yang bisa kamu lakukan, lakukan aja dulu. Kadang kita baru akan tau arah beberapa saat setelah kita mulai jalan. Jadi menurut saya mulai aja dulu dengan sesuatu yang bisa kita mulai sambil tetap memikirkan goal kita tersebut. Insyallah akan ada momentum dimana kita menjadi ada kesempatan untuk mengakselerasi langkah kita hingga menjadi cepat sampai tujuan. Satu hal lagi…. ABP Incubator 2021, [...], Artikel ini di ambil dari feed medium, untuk pengalaman baca yang lebih baik, silahkan kunjungi situ aslinya. IndonesiaIT - Software Developer Terbaik. Baca Selengkapnya.


Recomended Event

Event Talk: IoT in Agriculture and Aquaculture Image

24

Jun 2020

Talk: IoT in Agriculture and Aquaculture

Event Time Icon Time : 09.30 - Selesai WIB
Event Location Icon Location : ABP Office [ Get Direction ]
Event Talk: Developing Skill As iOS Dev In News Department

30

Jun 2020

Talk: Developing Skill As iOS Dev In News Department

Event Time Icon Time : 09.30 - Selesai WIB
Event Location Icon Location : ABP Office [ Get Direction ]
Event Talk: Developing Skill As iOS Dev In News Department

15

Jul 2020

Talk: Membuat Startup Yang Berkelanjutan Meski Pandemi Covid-19 Sekalipun

Event Time Icon Time : 09.30 - Selesai WIB
Event Location Icon Location : ABP Office [ Get Direction ]
Event Talk: Sayur Buah Begairah

30

Jul 2020

Talk: Sayur Buah Begairah

Event Time Icon Time : 09.30 - Selesai WIB
Event Location Icon Location : ABP Office [ Get Direction ]